Minggu, 19 Maret 2017

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS DAN PERBEDAANNYA DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

DESAIN GRAFIS
            Apa itu Desain Grafis? Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
            Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Yang melatarbelakangi “Desain” yaitu revolusi industri untuk menjadikan suatu produk di hafal/diingat oleh konsumen.
            Desain grafis tidak hanya mengandalkan estetika atau keindahan tapi harus memiliki maknsa/pesan/arti yaitu Desain Komunikasi Visual,yang berkaitan dengan
a.                   Tanda
b.                  Simbol atau lambang
c.                   Ilmu penulisan (Typografi)
d.                  Ilustrasi
e.                   Warna
Dalam mempelajari Desain/Desain Grafis terdapat beberapa ilmu desain yaitu
a.                   Ilustrasi
b.                  Photografi
c.                   Tipografi
d.                  3 dimensi
e.                   Multimedia
f.                   Elektronik media
g.                  Komputer grafis
h.                  Animasi
i.                    Per iklanan
j.                    Cetak
k.                  Penerbitan
l.                    Identitas
                        Tidak semua orang bisa mempelajari desain grafis karna dalam desain grafis           dibutuhkan skill penunjang desain yaitu
a.                   Nirmana (penggabungan garis,lengkung dll)
b.                  Gambar bentuk
c.                   Gambar bebas
d.                  Psikologi warna
e.                   Anatomi
f.                   Teori kesenian
g.                  Psikologi
h.                  Komunikasi
i.                    Teknik photografi dll

            Komposisi dalam Desain adalah pengorganisasian unsur rupa dalam desain grafis secara harmonis di antara bagian secara keseluruhan. Berikut adalah prinsip-prinsip komposisi:
a.       Kesatuan
b.      Keseimbangan
c.       Irama
d.      Kontras
e.       Fokus
f.       Proporsi
g.      Ekspresif (desain yang dibuat)
Unsur Desain.
            Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.


            Warna
                        Mempengaruhi cara pandang ,bisa menutupi ketidak sempurnaan, membangun       suasana atau kenyamanan semua orang. Ilmu yang mempelajari warna disebut Hromatics

            Desain selain dipandang sebagai seni keindahan, desain juga berguna dalam hal mempromosikan suatu hal misalnya mengenalkan suatu produk, mengenalkan seorang tokoh penting atau kampanye ,dan yang sering kita lihat di jalan adalah sebuah slogan atau kalimat ajakan seperti ajakan untuk donor darah ,ajakan untuk mengikuti suatu organinasi  ,kalimat ajakan untuk tidak buang sampah sembarangan dll.hal itu semua membutuhkan media untuk mempromosikannya ,promosi bisa disampaikan secara langsung,melalui media elektronik atau media cetak. Berikut merupakan media promosi cetak:
1.      Poster
2.      Flyer (kertas yang disebarkan dengan cara disebar dari pesawat)
3.      Banner
4.      Kartu nama
5.      Spanduk
6.      Paper bag
7.      Pin
8.      Billboard
9.      Mug
10.  Dll

Media promosi elektronik:
1.      Print Advertising
2.      Web banner
3.      Flash bumper
4.      E-Flyer
5.      E-Poster

Desain memerlukan sarana penunjang yang tujuannya untuk mempermudah pekerjaan mendesain.
Berikut adalah beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
            Desktop publishing
·      Adobe Photoshop
·      Adobe Illustrator
·      Adobe Indesign
·      Coreldraw
·      GIMP
·      Inkscape
·      Adobe Freehand
·      Adobe image ready
·      CorelDraw
            Webdesign
·   Macromedia Dreamweaver
·   Micro
·   soft Frontpage
·   Notepad
            Audiovisual
·   Adobe After Effect
·   Adobe Premier
·   Final Cut
·   Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
            Rendering 3 Dimensi
·   3D StudioMax
·   Maya
·   AutoCad

PERBEDAAN DESAIN GRAFIS DAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
            Berdasarkan penjelasan Desain Grafis di atas mungkin kita sudah mengerti beberapa hal mengenai Desain Grafis tapi apasih Desain Komunikasi Visual itu? mungkin beberapa sudah tahu mengenai Desain Komunikasi Visual lalu apa perbedaannya dengan Desain Grafis?
Apa itu Desain Komunikasi Visual?
            Desain Komukasi Visual atau biasa disebut dengan DKV berasal dari tiga kata yaitu Desan, Komunikasi dan Visual. Jika dijabarkan maka Desain berkaitan dengan perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, Komunikasi adalah ilmu menyampaikan pesan, dan Visual adalah objek yang dapat dilihat. Jadi DKV adalah ilmu mempelajari konsep komunikasi dalam menyampaikan pesan secara visual melalui media yang berlandaskan kreatiftias. 
            Sedangkan Desain Grafis berasal dari dua kata, Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, dan Grafis adalah ilmu merancang titik atau garis menjadi sebuah bentuk yang berhubungan dengan percetakan. Jadi Desain Grafis adalah ilmu merancang titik dan garis menjadi sebuah bentuk untuk tujuan percetakan yang berlandaskan kreatiftias. 
            Dan perbedaanya Dari pengertian diatas kita dapat simpulkan jika cangkupan DKV itu lebih luas karena desain grafis hanya bersifat dua dimensi yang hasil akhirnya adalah dicetak seperti poster, famplet atau komik. Sedangkan hasil dari DKV adalah poster, famplet, komik, 3D, animasi, video, sampai dengan ilmu periklanan (komunikasi). Dengan kata lain, desain grafis masih dalam cangkupan atau bagian dari DKV.

Contoh-contoh Desain Grafis
1.                  Logo
 
Logo Wordmark Jenis logo ini merupakan sebuah logo yang menggunakan teks langsung dalam logonya sebagai tanda pengenal yang diungkapkan untuk mengkomunikasi makna dari sebuah perusahaan, teks dalam logo bisa berupa singkatan atau nama perusahaan / brand yang diusung secara langsung.
 


 
Logo Pictorial dikenal juga dengan Logomark, jenis logo ini menggunakan gambar/simbol tanpa ada peggunaan teks




Logo Abstract Mark simbol maka logo ini menggunakan shape(bentuk) abstrak sebagai logo utama dan menggunakan teks sebagai pendukung.


Logo Emblem logo ini pada dasarnya memiliki sebuah elemen/objek yang berisi sebuah simbol atau teks di dalammnya(seperti emblem), logo ini biasa digunakan oleh organisasi atau klub, namun tak jarang juga ada perusahaan yang memakai jenis logo ini




2.                  Poster






3.                  Cover majalah(desain majalah)




SUMBER:







2 komentar: