Selasa, 24 Januari 2017

Being Smart with Smart City

Pada kali ini saya akan mereview seminar yang berjudul “Being Smart with Smart CitySeminar ini adalah suatu rangkaian acara Techno Fair 2016 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (BEM FIKTI) Universitas Gunadarma. Techno Fair adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh BEM FIKTI Universitas Gunadarma dan ini adalah yang ke-3 kalinya.
Pembicara: Setiaji (Jakarta Smart City Project) & Sofian Hadiwijaya (Technology Evangelist PT Kudo Teknologi Indonesia dan Intel IoT Innovator)

Sesi 1 – Bapak Setiaji – “Jakarta Smart City Project”.
“Why Smart City ?”
Dalam penjelasan bapak Setiaji, dijelaskan 5 konsep Smart City. Business / Manufacturing, Health Care, Retail, Security dan Transportation.

Business/Manufacturing
Contoh penerapan Smart City di bidang ini adalah semakin banyak di pekerjakannya robot ataupun mesin-mesin otomatis pada dunia industri untuk mempercepat pekerjaan. Selain itu, konsep Smart City juga berperan sebagai pengananalisis kebutuhan di pasar, sehingga para pelaku industri dapat mengetahui kapan mereka harus memproduksi barangnya dengan jumlah banyak dan kapan harus memproduksi dengan jumlah sedikit.

Health Care
Banyak kasus yang dialami masyarakat ketika ingin ke rumah sakit adalah tidak tersedianya informasi tentang ketersediaan kamar ataupun layanan lain. Sehingga masyarakat baru mengetahui informasi tersebut setelah mendatangi rumah sakitnya secara langsung.

Jadi, bagaimana bila ada seseorang yang tiba-tiba mengalami sakit parah tapi ketika dirujuk ke rumah sakit A dan ternyata penuh ataupun layanannya tidak tersedia?
Melalui Smart City, pemerintah menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat, termasuk informasi tentang ketersediaan kamar di suatu rumah sakit. Jadi, sekarang masyarakat bisa mengakses layanan tersebut melalui internet.
Retail
Pada saat kalian berada di suatu tempat hiburan publik, mungkin kalian pernah atau bahkan sering mendapatkan informasi melalui sms tentang program promosi sesuatu, itu juga salah satu program yang diterapkan oleh konsep Smart City.

Security
Di Jakarta, sekarang sudah memiliki banyak cctv di berbagai macam titik. Entah itu di tempat layanan publik, jalanan, sungai, dan berbagai macam tempat lainnya. Fungsi utamanya dalam mendukung Smart City tentunya untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Transportation
Banyak sekali masalah transportasi yang dapat diselesaikan melalui program Smart City ini. Contohnya adalah, sama seperti sebelumnya, cctv juga bermanfaat sebagai informasi lalu lintas di Jakarta. Jadi disini, masyarakat bisa melihat jalan mana yang relatif lancar ataupun macet. Ataupun misalnya, jalan mana yang banjir dan mana yang tidak.

Lalu untuk transportasi publik contohnya adalah saat ini kita tidak tahu pasti waktu kedatangan bis/kereta tiba di halte/stasiun di tempat kita menunggu ataupun di tempat yang kita tuju. Dan melalui Smart City ini, pemerintah berusaha menyelesaikan masalah tersebut.

Contoh lainnya adalah Smart Parking yang dapat digunakan masyarakat untuk melihat apakah parkiran tersebut masih tersedia tempat ataupun sudah penuh. Sehingga pengendara tidak perlu masuk dan berputar-putar mencari parkir yang sebenernya tempat parkir tersebut mungkin sudah terisi penuh.

Jakarta Smart City Portal
Untuk melihat informasi tersebut, masyarakat dapat mengakses Jakarta Smart City Portal. Disana masyarakat bisa melihat informasi tentang lalu lintas, banjir, tracking busway, status pintu air, bahkan lolokasi dan status pompa air.

Aplikasi Qlue
Qlue adalah aplikasi sejenis sosial media yang bertujuan untuk menyampaikan aspirasi, informasi ataupun pengaduan masyarakat Jakarta secara real time. Aplikasi tersebut saat ini sudah tersedia untuk perangkat android. Lewat Qlue, masyarakat dapat melaporkan semua kejadian seperti macet, banjir, jalan rusak, pelanggaran lalu lintas, parkir liar, dan semua permasahalan di Jakarta.
Masyarakat yang ingin melaporkan suatu kejadian di Jakarta hanya perlu memberikan foto, detail lokasi, dan sedikit keterangan lainnya. Kemudian, laporan tersebut akan langsung ditindak dan dipetakan secara digital dan terintegrasi dengan Jakarta Smart City Portal.

Jakarta Open Data
Untuk mendukung transparansi pemerintah, masyarakat dapat mengakses langsung melalui Jakarta Open Data. Disana terdapat beberapa data yang disediakan oleh pemerintah secara terbuka. Baik itu data pendidikan, kesehatan, keuangan daerah, kependudukan, perhubungan, lingkungan hidup, sosial, parwisata & kebudayaan, pekerjaan umum bahkan hingga data penanggulangan bencana di Jakarta.

Sesi 2 – Bapak Sofian Hadiwijaya – “IoT in Smart City”

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet.
Wikipedia
Internet of Things (IoT) in Smart City

Internet of Things singkatnya adalah membuat perangkat biasa menjadi lebih pintar melalui media internet. IoT sangat berperan penting dalam konsep Smart City. IoT merupakan suatu alat teknologi yang dapat digunakan untuk pengembangan Smart City. Contoh penerapan IoT pada Smart City adalah informasi Banjir real time. Sensor yang diletakkan pada pintu air-pintu air di Jakarta akan memberikan informasi yang kemudian dibuat menjadi peringatan jika banjir akan datang.




sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar