Untuk mengatahui apakah Information Technology Infrastructure Library (ITIL) dan Control
Objective for Information and related Technology (COBIT). Maka
kita harus mengetahui pengertian nya masing-masing.
A.
Information
Technology Infrastructure Library (ITIL).
ITIL
ini merupakan sebuah bentuk layanan teknologi informasi dimana pada saat ini
teknologi informasi sangatlah membantu kesuksesan dunia ini terutama pada
bidang bidang yang benar benar membutuhkan peranan teknologi yang menjadikan
ITIL ini sebuah standar Internasional pelayanan teknologi informasi. Dan dalam
hal ini informasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan karena tetap pada
kaitannya informasi merupakan jalan keluar atau berguna untuk pengambilan
keputusan .
ITIL
: Standar International Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi. Merupakan kerangka
yang metodenya sudah terbukti di dunia nyata dan dapat dijadikan sebagai
panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan
teknologi informasi yang prima dan handal. ITIL ini bukan lah suatu tujuan
,tapi ITIL ini merupakann suatu alat untuk memandu demi tercapainya tata kelola
manejemn layanan teknologi informasi yang prima. Dengan bantuan alat, tugas manajemen dapat otomatis,
misalnya dalam tugas-tugas pemantauan atau tugas distribusi perangkat lunak.
ITIL ini adalah alat-alat lain mendukung kinerja kegiatan sendiri, misalnya
alat bantuan meja atau alat manajemen pelayanan.
ITIL service lifecycle atau siklus
hidup dari layanan didasarkan pada konsep inti dari ITIL tentang service
management atau sebuah manajemen dari suatu layanan dan sangat berkaitan dengan
konsep layanan (service) dan nilai (value). Istilah-istilah inti dalam
manajemen layanan dijelaskan sebagai berikut:
1.
Service management – Suatu kemampuan khusus organisasi untuk memberikan
nilai kepada pelanggan atau customer dalam bentuk layanan.
- Service – Sebuah cara memberikan nilai kepada customer dengan memfasilitasi kebutuhan customer tanpa mengeluarkan biaya atau risiko tertentu. Hasil dari setiap pekerjaan customer didapatkan dari kinerja tugas yang dibatasi oleh sejumlah kendala. Dengan adanya layanan atau service maka akan meningkatkan kinerja dan membantu mengurangi kendala yang dialami oleh customer.
- Value – Value atau nilai adalah inti dari konsep layanan. Dari perspektif pelanggan atau customer, nilai terdiri dari dua komponen inti: utilitas/utility dan jaminan/warranty. Utilitas adalah apa yang akan diterima oleh pelanggan, dan garansi adalah bagaimana cara untuk menyediakannya. Konsep “utilitas” dan “jaminan” banyak dijelaskan pada bagian “Service Strategy”.
B.
Control Objective for Information and
related Technology (COBIT)
COBIT atau Control
Objective for Information and related Technology merupakan sebuah panduan praktik
manajemen teknologi informasi, COBIT ini sangatlah membantu user untuk
mengatasi masalah masalah atau resiko yang berhubungan dengan IT. COBIT adalah
satu ilmu yang digunakan untuk memperoleh kebenaran dengan menggunakan
penelusuran dengan tata cara yang benar untuk menemukan kebenaran yang memberikan kerangka dasar dalam
menciptakan sebuah Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi
dengan tetap memperhatikan faktor – faktor lain yang berpengaruh.
COBIT
mempunyai standar, dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan
bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Association).
COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu
:
• Perencanaan dan
organisasi (Planning and Organisation)
Didalam
perencanaan dan organisasi ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut
identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam
pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang
baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.
• Pengadaan dan implementasi (Acquisition and Implementation)
Untuk
mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh
dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.
• Pengantaran dan dukungan (Delivery and Support)
Domain
ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari
operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan
training
• Pengawasan dan evaluasi (Monitoring)
Semua
proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan
kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.
Pada
dasarnya COBIT dikembangkan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan
manajemen terhadap informasi dengan menjembatani kesenjangan antara resiko
bisnis, kontrol dan masalah teknik. Manfaat penggunaan COBIT dalam Manajemen
adalah untuk mengambil keputusan investasi TI dan untuk menyeimbangkan resiko dan
control investasi. Dalam hal yang berbasis Teknologi Informasi ,COBIT sangatlah
diperlukan
SUMBER :
ITIL2011 artikel by : Prof
Richardus Eko Indrajit dibidang Teknologi Informasi
indrajit@post.harvard.edu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar