Minggu, 27 Maret 2016

Apakah Information Technology Infrastructure Library (ITIL) dan Control Objective for Information and related Technology (COBIT) itu?



Untuk mengatahui apakah Information Technology Infrastructure Library (ITIL)  dan Control Objective for Information and related Technology (COBIT). Maka kita harus mengetahui pengertian nya masing-masing.

A.    Information Technology Infrastructure Library (ITIL).

            ITIL ini merupakan sebuah bentuk layanan teknologi informasi dimana pada saat ini teknologi informasi sangatlah membantu kesuksesan dunia ini terutama pada bidang bidang yang benar benar membutuhkan peranan teknologi yang menjadikan ITIL ini sebuah standar Internasional pelayanan teknologi informasi. Dan dalam hal ini informasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan karena tetap pada kaitannya informasi merupakan jalan keluar atau berguna untuk pengambilan keputusan .
            ITIL : Standar International Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi. Merupakan kerangka yang metodenya sudah terbukti di dunia nyata dan dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi yang prima dan handal. ITIL ini bukan lah suatu tujuan ,tapi ITIL ini merupakann suatu alat untuk memandu demi tercapainya tata kelola manejemn layanan teknologi informasi yang prima. Dengan bantuan alat, tugas manajemen dapat otomatis, misalnya dalam tugas-tugas pemantauan atau tugas distribusi perangkat lunak. ITIL ini adalah alat-alat lain mendukung kinerja kegiatan sendiri, misalnya alat bantuan meja atau alat manajemen pelayanan.
            ITIL service lifecycle atau siklus hidup dari layanan didasarkan pada konsep inti dari ITIL tentang service management atau sebuah manajemen dari suatu layanan dan sangat berkaitan dengan konsep layanan (service) dan nilai (value). Istilah-istilah inti dalam manajemen layanan dijelaskan sebagai berikut:




1.       Service management – Suatu kemampuan khusus organisasi untuk memberikan nilai kepada pelanggan atau customer dalam bentuk layanan.
  1. Service – Sebuah cara memberikan nilai kepada customer dengan memfasilitasi kebutuhan customer tanpa mengeluarkan biaya atau risiko tertentu. Hasil dari setiap pekerjaan customer didapatkan dari kinerja tugas yang dibatasi oleh sejumlah kendala. Dengan adanya layanan atau service maka akan meningkatkan kinerja dan membantu mengurangi kendala yang dialami oleh customer.
  2. Value – Value atau nilai adalah inti dari konsep layanan. Dari perspektif pelanggan atau customer, nilai terdiri dari dua komponen inti: utilitas/utility dan jaminan/warranty. Utilitas adalah apa yang akan diterima oleh pelanggan, dan garansi adalah bagaimana cara untuk menyediakannya. Konsep “utilitas” dan “jaminan” banyak dijelaskan pada bagian “Service Strategy”.



B.     Control Objective for Information and related Technology (COBIT)

            COBIT atau Control Objective for Information and related Technology merupakan sebuah panduan praktik manajemen teknologi informasi, COBIT ini sangatlah membantu user untuk mengatasi masalah masalah atau resiko yang berhubungan dengan IT. COBIT adalah satu ilmu yang digunakan untuk memperoleh kebenaran dengan menggunakan penelusuran dengan tata cara yang benar untuk menemukan kebenaran yang memberikan kerangka dasar dalam menciptakan sebuah Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan tetap memperhatikan faktor – faktor lain yang berpengaruh.
            COBIT mempunyai standar, dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Association).
COBIT memiliki 4 cakupan domain, yaitu :

•    Perencanaan dan organisasi (Planning and Organisation)
            Didalam perencanaan dan organisasi ini mencakup strategi dan taktik yang menyangkut identifikasi tentang bagaimana TI dapat memberikan kontribusi terbaik dalam pencapaian tujuan bisnis organisasi sehingga terbentuk sebuah organisasi yang baik dengan infrastruktur teknologi yang baik pula.

•    Pengadaan dan implementasi (Acquisition and Implementation)
            Untuk mewujudkan strategi TI, solusi TI perlu diidentifikasi, dibangun atau diperoleh dan kemudian diimplementasikan dan diintegrasikan dalam proses bisnis.

•    Pengantaran dan dukungan (Delivery and Support)
            Domain ini berhubungan dengan penyampaian layanan yang diinginkan, yang terdiri dari operasi pada security dan aspek kesinambungan bisnis sampai dengan pengadaan training

•    Pengawasan dan evaluasi (Monitoring)
            Semua proses TI perlu dinilai secara teratur dan berkala bagaimana kualitas dan kesesuaiannya dengan kebutuhan kontrol.

            Pada dasarnya COBIT dikembangkan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan manajemen terhadap informasi dengan menjembatani kesenjangan antara resiko bisnis, kontrol dan masalah teknik. Manfaat penggunaan COBIT dalam Manajemen adalah untuk mengambil keputusan investasi TI dan untuk menyeimbangkan resiko dan control investasi. Dalam hal yang berbasis Teknologi Informasi ,COBIT sangatlah diperlukan 

SUMBER :
 

ITIL2011 artikel by : Prof Richardus Eko Indrajit dibidang Teknologi Informasi
                                    indrajit@post.harvard.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar