Minggu, 27 Maret 2016

HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI/TI



Apasih Sistem Informasi manajemen itu? Dan apasih manajeman layanan system informasi/TI ?
Untuk mengetahui apa hubungan antara SIM dan Manajemen Layanan SI/TI maka pertama tama kita harus tau pengertiannya dulu.
A.    Pengertian Sistem Informasi Manajemen (SIM)
           
            SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama  Para pemakai biasanya berbentuk organisasi dan sistem Informasi Manajemen atau SIM ini menjadi sebuah tolok ukur dalam pengambilan keputusan di suatu kelompok atau organisasi. Bentuk penyampaian informasi yang mengarah spesifik pada tujuan yang diinginkan. Sistem informasi manajemen adalah sistem penting dalam melakukan pengumpulan, proses, penyimpanan, penganalisisan data, hingga penyebaran mengenai data tersebut. Jadi , hal ini menunjukan data tersebut atau informasi tersebut dilakukan dengan melalui beberapa tahap seperti diatas dan hasilnya pun sangat akurat dengan begitu ilmu sistem informasi ini sangatlah penting bila berjalan dalam sebuah organisasi atau kelompok.
             Ilmu sistem informasi manajemen akan dapat dijalankan asalkan sumber daya manusia dalam organisasi atau kelompok tersebut memang dapat diandalkan. Sistem Informasi manajemen ini sangatlah membantu dalam hal memecahkan masalah dimana didalam suatu perusahaan yang mengalami masa sulit karena suatu faktor  , manajer atau staff  haruslah mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan ilmu system informasi manajemen ini. Ilmu sistem informasi manajemen terbilang dapat diterapkan secara luas.
            Dibalik perlunya ilmu sistem informasi manajemen, ada tujuan pentingnya penggunaan ilmu tersebut. Tiga tujuan penting yang harus dicermati dari sistem informasi antara lain untuk perhitungan harga, perencanaan, serta pengambilan dari keputusan. Dengan memegang tiga tujuan tersebut, maka analisis yang dilakukan dapat dikerjakan dan ditemukan penyelesaiannya





B.     PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI / TI

            Sama halnya dengan Manajemen Sistem Informasi ,Manajemen Layanan SI/TI ini juga berhubungan dalam bentuk organisasi/perusahaan. Yang maksudnya keduanya sama sama membantu ”suatu hal” dalam sebuah organisasi. Teknologi informasi (TI) bagi suatu organisasi  tidak hanya bermanfaat karena ketersediaan infrastrukturnya, namun juga bagaimana infrastruktur TI tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan TI bagi unit bisnis pengguna layanan.  Selain itu, semakin maju dan berkembangnya organisasi, layanan TI yang ada dituntut untuk selaras dengan tujuan organisasi.
            Dengan keselarasan ini layanan TI dapat digunakan sebagai pendorong tercapainya tujuan organisasi. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyedia layanan TI melalui kombinasi yang tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi.  Dan Manajemen Layanan SI/TI itu sendiri terfokus dalam pengertian ini memiliki hubungan dan kepentingan bersama dengan gerakan perbaikan proses kerangka kerja dan mencari kebenaran yang sebelumnya telah di kaji dalam sebuah organisasi.
            Manajemen Layanan SI/TI mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan kualitas layanan TI yang memenuhi kebutuhan bisnis. Dalam hal ini, Manajemen Layanan SI/TI dapat dianggap sebagai perencanaan sumber daya perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP) untuk IT, meskipun akar sejarah dalam operasi TI membatasi penerapannya di seluruh kegiatan besar TI lainnya, seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa perangkat lunak.
Umumnya Manajemen Layanan SI/TI menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Tidak ada satu penulis, organisasi yang dapat mengartikan  istilah “manajemen layanan TI” dan asal-usul kalimat ini tidak jelas.









C.    HUBUNGAN SISTEM  INFORMASI MANAJEMEN DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI / TI

            Dalam hal ini keduanya menuntut untuk tercapainya tujuan organisasi. Serta dapat memecahakan masalah dengan memberikan keputusan yang paling tepat dan menggunakan informasi dan manusia sebagai sumber. Keduanya pun terfokus pada proses penyelesaian masalah untuk mencari kebenaran dan ditemukannya penyelesaian.
Ketika melihat judul keduanya , “manajemen” yang mana keduanya  sama sama me- manage sesuatu dengan suatu tujuan yang diinginkan untuk memperoleh jalan keluar atau keputusan maka dapat lah kita lihat dnegan jelas hubungan keduanya yang hanya dibedakan dalam fdungsinya atau penempatan penggunaan ilmunya saja.
            Sistem Informasi Manajemen berhubungan dengan Manajemen Layanan SI/TI yaitu saat ilmu system informasi manejmene ini ikut terjun dan terpakai diManajemen Layanan SI/TI itu sendiri untuk memecahkan masalah. Ketersedianya seluruh informasi sebagai bagian tak terpisahkan dari rangkaian proses produksi atau pelayanan dalam hal ini.
  
Baca Juga ulasan mengenai : COBIT dan ITIL

SUMBER :


Hidayati,Qoulil R. 2012 Manajemen Layanan TI . Bandung (.pdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar